Minggu, 01 Maret 2020

Arti Persahabatan Bagi Seorang Muslimah


Arti Persahabatan Bagi Seorang Muslimah



Kita adalah manusia yang tak berdaya tanpa keimanan dan kepercayaan kepada sang Maha Pencipta. Begitu luar biasa akan segala ciptaanNya dan segala kehidupan kita. Sebagai makhluk hidup sosial kita saling membutuhkan satu sama lain. Sebagai makhluk ciptaanya kita juga harus saling berinteraksi, hubungan dengan Allah maupun dengan manusia.

Pada kehidupan ini kita akan  membutuhkan seorang teman yang bukan sekedar  teman saja, teman yang bisa berbagi baik disaat kita suka ataupun bersedih.  Teman yang bisa kita sebut dengan istilah sahabat. Kehadiran sahabat dalam kehidupan emang sangat berarti bahkan bisa membuat kehidupan kita seperti pelangi yaitu berwarna, tapi bukan berarti kita melupakan atau mengantikan Sang  Pencipta, Orang tua dan sanak keluarga lainnya.

Islam merupakan salah satu nikmat terbesar yang telah di berikan Allah SWT kepada umat manusia. Tetapi, ada nikmat lain yang tidak bisa kita sangkal. Hal tersebut adalah sahabat baik yang kita miliki. Seperti pernyataan yang disampaikan Umar Bin Al-Khatab berikut :
Tidak ada nikmat yang lebih besar dari seorang saudara yang shalih yang Allah berikan kepada seorang hamba setelah Agama Islam. Bila salah seorang kalian mendapat kasih sayang dari saudara/kawannya, peganglah erat-erat persahabatan tersebut”  (Umar Bin Al-Khatab).

Sahabat mungkin saudara kedua yang dipertemukan Allah untuk kita. Dengan sahabat kita bisa banyak bercerita tentang kehidupan kita ataupun tempat saling bertukar pikiran.

Sahabat bukan seseorang yang selalu menuruti segala kehendak kita, ataupun yang akan selalu memuji kita baik kita salah ataupun benar,  tapi sahabat adalah dia yang selalu mengoreksi tingkah kita, mengingkatkan kita jika kita salah dan mungkin memberikan solusi akan cobaan yang kita hadapi. Sahabat selalu mengingkatkan, setiap cobaan datangnya dari Allah dan Allah selalu punya solusinya mintalah kepada Allah lewat doa-doamu dan kamu tak perlu bimbang, Allah maha mengetahui segalanya dan semua akan lebih baik sesuai rencanaNya.
Persahabatan bagi seorang Muslimah adalah persahabatan yang didasarkan karena Allah. Persabatan yang membawa kita lebih baik dan lebih menjalankan segala perintahNya. Saling mengingkatkan jika lalai, saling mendukung dalam sebuah kebaikan, saling mengajak satu sama lain untuk mengikuti kajian-kajian agama dan saling mengenggam dalam kebaikan.

Persahabatan seorang Muslimah adalah saling mendoakan meskipun terkadang terpisahkan oleh jarak dan waktu namun kita tetap menghadap kiblat yang sama.  Saling mendoakan untuk menjadi pribadi seorang muslimah sesuai dengan perintahNya.

Persahabatan bagi seorang muslimah itu persahabatan yang saling membantu  mengingat Allah dan saling mengingatkan kepada Allah ketika lupa kepada Allah. Sahabat yang menunjukkan letak kesalahan kita, memberikan kritikan dan saran akan tindakan kita. Sahabat bukan hanya peduli terhadap hubungan kita dengan manusia lainnya tetapi dia juga peduli terhadap hubungan kita dengan Allah.

Menemukan sahabat terbaik memang bukanlah hal yang mudah. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa, setiap manusia memiliki kepentingan dalam menjalin sebuah hubungan tidak terkecuali sebuah persahabatan. Tetapi, jika kita bisa menemukan sosok sahabat yang selalu membuat kita mengingatNya, maka dia merupakan  sosok  sahabat terbaik bagi kita, karena sejatinya persahabatan itu menuju kebaikan bukan kemaksiatan. 

Seperti dalam hadist berikut :
“Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-geriknya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya.” (HR. Hakim).
Kehidupan ini tiada yang abadi, kelak kita semua akan kembali kepadaNya. Dunia ini hanya persinggahan buat kita semua. Nah, sejatinya arti persahabatan bagi seorang muslimah adalah persahabatan yang kekal sampai ke surga selamanya. Persahabatan sehidup sesurga karena persahabatan yang dilandasi karena Allah.
Oleh : Sitirodiah Sitompul
IG : Sitirodiah.sitompul 



x

Tidak ada komentar:

Cara agar video viral di Youtube